Rabu, 09 Januari 2013

Politik dan Media





Media merupakan sebuah sarana komunikasi dan informasi, seperti koran, jejaring sosial, majalah, radio, televisi, film, poster, spanduk, dan berbagai macam komunikasi lainnya. Keberadaan media sangat urgen di dalam membangun sebuah citra politik, tetapi begitu sebaliknya media juga berperan sebagai perusak sebuah citra politik. Sehingga peran media sangat berpengaruh membangun sebuah opini tentang kebaikan atau membangun sebuah opini tentang keburukan bagi sebuah citra politik yang terjadi di tengah-tengah realita kehidupan masyarakat.

Politik dan media satu kesatuan yang tak terpisahkan. Bahkan lebih jauh lagi, ternyata politik dan media sangat kuat membentuk sebuah watak dan karakter masyarakat, baik masyarakat di desa maupun masyarakat di perkotaan. Berangkat dari sinilah, apabila politik dan media terpisah, bagaikan sebuah ungkapan "sayur tanpa garam", berarti keberadaan politik dan media sangat berpengaruh membentuk sebuah kondisi masyarakat, baik dari segi perilaku maupun dari segi pola pikir.

Membangun politik tak lepas dari sebuah media. Karena media sebagai sarana yang tepat, untuk melakukan sebuah kegiatan berinteraksi antara seorang politisi dengan cakupan masyarakat luas, maka sudah selayaknya seorang politisi mulai bermain sebaik mungkin, lewat berbagai media, baik media massa maupun media sosial, untuk melakukan berbagai aktivitas politik di dalam menjawab berbagai permasalahan tentang realita kehidupan.

Peran media di dunia politik sangat intens membentuk paradigma pemikiran masyarakat luas. Sehingga seorang politisi di saat bermain politik, untuk berusaha sedapat mungkin menguasai dunia media, supaya keberhasilan di dalam melakukan berbagai permainan politik dapat tercapai dengan keindahan, apalagi media sangat penting membentuk sebuah opini publik. Inilah yang perlu di perhatikan bagi seorang politisi, supaya sedapat mungkin menguasai sebuah media.

Dengan bermain politik dan juga menguasai sebuah media merupakan sebuah jalan pelicin, untuk menguasai sebuah panggung politik yang begitu gegap gempita, apalagi antara politik dan media sangat intens membentuk berbagai opini, tak lepas dari sebuah opini baik maupun dari sebuah opini buruk.

Media sangat berpengaruh di dalam membangun beragam opini. Sehingga tak jarang seorang politisi mempunyai reputasi baik tak lepas dari sebuah media, begitu juga seorang politisi mempunyai reputasi buruk tak lepas dari sebuah media. Sehingga keberadaan politik dan media sangat berpengaruh membangun sebuah watak dan karakter masyarakat. Mengingat politik sebagai panglima kekuasaan, begitu juga media sebagai panglima informasi dan komunikasi.

Politik dan media merupakan sebuah sarana yang membentuk satu kesatuan di dalam membangun pondasi lingkaran kekuasaan. Karena politik dan media sangat berperan penting menentukan sebuah nasib perjalanan manusia, untuk membangun sebuah jati diri bangsa yang kuat dan handal.

Bermain di dalam lingkaran politik dan media dengan mengupayakan sebuah paradigma pemikiran yang tegas dan berani, pada saat mengambil sebuah keputusan secara tepat sasaran, apalagi informasi dan komunikasi sudah ada di depan mata, tinggal mengolah dengan berbagai macam bumbu-bumbu sedap, maka kemenangan dengan kekuasaan penuh akan segera tercapai bagi seorang politisi yang dapat bermain di lingkaran komunikasi dan informasi secara cantik.

Informasi dan komunikasi merupakan sebuah sarana media, untuk memberikan sebuah gambaran tentang realita kehidupan masyarakat. Sehingga tak heran media sangat berdekatan dengan masyarakat luas, karena media tak jarang bersentuhan langsung dengan berbagai realita kehidupan.

Politik dan media dua hal yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya, untuk membentuk sebuah opini di tengah-tengah realita kehidupan masyarakat, supaya lingkaran kekuasaan secepat mungkin dapat di kuasai  oleh seorang politisi yang bermain di lingkaran informasi maupun komunikasi, berarti dari sinilah dapat diketahui, bahwa media sangat urgen sebagai pengawal menuju singgasana tertinggi di dalam kekuasaan.

Semoga Allah SWT memberikan petunjuk kepada kita semua, supaya kita mampu berbuat kebaikan, baik melalui kebaikan di alam politik maupun kebaikan di alam media saat ini, Amin....

Salam dari kami Jejaring sosial kiber (www.kitaberbagi.com)........

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar