Sabtu, 25 April 2015

Solusi Islam Dalam Memecahkan Kemiskinan


By: Khoirul Taqwim

Kaya dan miskin merupakan sebuah bahasa antonim yang terus berlawanan, dua kata ini memberikan makna yang satunya positif dan yang satunya negatif. Nah! dari sinilah muncul pertanyaan sederhana. Kenapa orang bisa miskin dan kenapa orang bisa kaya? Dari pertanyaan ini muncul jawaban, mungkin sudah takdir Ilahi (kehendak Ilahi) atau mungkin simiskin malas bekerja. Kedua jawaban diatas hanya sebuah kemungkinan yang belum pasti antara benar dan salah.

Islam mengajarkan dalam mencari rezeki dengan cara baik dan halal. Sehingga jangan hanya mencari kekayaan belaka, tetapi meninggalkan norma-norma agama dalam mencari rezeki. Karena kalau meninggalkan norma-norma beragama, tentunya segala cara akan ditempuh dalam mencari rezeki dan tidak mengenal istilah haram halal.

Bahaya kemiskinan bagi umat Islam sangat urgen. Mengingat manusia apabila dilanda kemiskinan dapat menyebabkan susah mencari makan. Maka segala cara akan ditempuh dalam mencari penghidupan. Dari sinilah Islam mengajarkan cara mencari rezeki dengan cara yang baik dan dengan cara yang halal, tentunya melalui tuntunan dalam ajaran Islam.

Memecahkan kemiskinan dengan cara Islam tak lepas dari belajar memahami tentang penyebab kemiskinan, lalu mencari solusi dalam penyelesaian, untuk mengatasi kemiskinan yang terjadi ditengah-tengah kehidupan realitas masyarakat secara universal.

Islam mengajarkan dalam mencari rezeki dengan cara berusaha keras dan disertai do'a.Sehingga substansi dari ajaran Islam dalam memecahkan kemiskinan, tentunya tidak hanya bekerja belaka, tetapi tatanan dalam bekerja diatur dengan baik dan halal, Islam mengajarkan tidak boleh menipu atau dengan cara merugikan orang lain dalam mencari rezeki. Sehingga solusi Islam dalam memecahkan kemiskinan dapat disimpulkan dengan cara bekerja keras dan diserti do'a dengan penuh pengharapan secara Ikhlas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar