Sabtu, 25 April 2015

Menghilangkan Stres Versi Islam


By: Khoirul Taqwim

Islam merupakan sebuah ajaran yang sempurna bagi kehidupan umat manusia. Bahkan tak jarang Islam memberikan solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan beban kehidupan umat manusia, apalagi masalah mental yang terjadi ditengah-tengah realitas kehidupan umat manusia.

Beban mental yang terjadi didalam kehidupan umat manusia dapat mengakibatkan depresi yang kuat. Sehingga mengakibatkan kekacauan dalam pola pikir umat manusia. Sehingga stres menghampiri didalam kehidupan. Maka dibutuhkan konsep obat mental, supaya manusia dapat meminimalisir beban mental yang terjadi, tentunya dengan cara Islami dalam menghilangkan sebuah kata "stres".

Stres merupakan beban mental yang berlebihan, apabila stres tidak dapat diobati secara baik dan benar. Maka yang terjadi lebih berbahaya lagi dibanding hanya stres, tetapi dapat mengakibatkan sakit jiwa bagi yang mengalami beban mental yang berlebihan.

Sebenarnya Islam sudah mengajarkan, bahwa sakit hati yang dapat menimbulkan stres dapat diobati dengan cara memahami ayat-ayat suci Al-Qur'an. Maka yang terjadi hati akan tenteram dan tenang dalam menjalankan kehidupan selanjutnya.

Membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an dapat dijadikan alternatif dalam mengobati stres. Karena dengan sentuhan ayat-ayat suci Al-Qur'an hati dan pikiran akan mengalami ketenangan, dan apabila hati dan pikiran dapat merasakan ketenangan, niscaya stres yang diderita insan manusia dapat segera diatasi.

Menghilangkan stres dengan cara membaca ayat-ayat suci AlQur'an merupakan bagian dari ajaran Islam, supaya umat manusia, khususnya umat Islam dapat terus menerus dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an ditengah-tengah realitas kehidupan umat manusia secara universal.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar