Jumat, 04 Januari 2013

Politik Sederhana




Membicarakan dunia perpolitikan terasa tak ada habisnya, apalagi dibumbui dengan berbagai intrik yang terjadi di tengah-tengah realita kehidupan masyarakat. Sehingga menambah suasana perpolitikan semakin memanas dengan munculnya berbagai ide maupun gagasan yang keluar dari sebuah bibir perbincangan.

Bermain politik tak lepas dari sebuah permainan yang paling sederhana, yaitu: langkah awal dengan berproses memilih tempat berlabuh, untuk menjadi sebuah tempat sebagai sandaran berpolitik,  supaya dapat menentukan arah perjalanan dalam mengarahkan sebuah gagasan perpolitikan. Sehingga suatu saat, apabila saat melakukan sebuah aksi permainan politik tak mengalami rasa bimbang dalam membela maupun mengarahkan sebuah kepentingan perpolitikan.

Politik sederhana berupaya memberikan sebuah wajah baru maupun lama, untuk memainkan peran dalam menentukan arah perjalanan peta perpolitikan. Karena politik itu terkadang tak jelas alur permainannya. Berangkat dari sinilah seorang politisi di tuntut jeli di saat menentukan arah peta perpolitikan, untuk menentukan sebuah sikap tentang pertanyaan, kapan, siapa, apa, mengapa, bagaimana, dan lain sebagainya.

Menentukan kawan maupun lawan dalam peta perpolitikan sangat urgen bagi seorang politisi. Karena apabila seorang politisi tidak tahu kawan maupun lawan, tentu akan mengalami kesulitan saat memberikan sebuah pemahaman tentang langkah keberlanjutannya, untuk mengarahkan sebuah permainan perpolitikan, agar menemukan alur peta politik yang sesuai dengan fakta di lapangan. Berangkat dari sinilah lagi-lagi seorang politisi di tuntut harus banyak belajar tentang menentukan kawan maupun lawan dalam peta perpolitikan.

Dalam menentukan kawan maupun lawan tak lepas dari sudut pandang kepentingan, mengingat politik itu penuh dengan tipu daya, apabila tak mampu berhati-hati dalam melakukan sebuah permainan perpolitikan, bisa jadi seorang politisi menjadi makanan empuk bagi kawan maupun lawan, apalagi dalam dunia politik tak mengenal istilah: "kawan maupun lawan sejati", sebab kawan maupun lawan semua tak lepas dari sebuah kepentingan.

Menentukan kawan maupun lawan dalam dunia perpolitikan, berarti sama dengan menentukan arah peta perpolitikan, untuk menuju sebuah permainan politik selanjutnya, yaitu: berupaya menyusun strategi yang jitu, untuk menyikapi berbagai permasalahan di dalam dunia perpolitikan, agar peta perpolitikan semakin gamblang saat menyusun strategi yang tepat.

Bermain politik terlihat terlalu rumit, apabila seorang politisi kurang mengetahui berbagai sumber, baik dari sumber empiris maupun dari sumber lainnya, apalagi mengingat politik membutuhkan spirit yang handal dan kuat, untuk menyusun berbagai strategi saat menghadapi berbagai gejolak, agar mampu memberikan tentang gambaran saat menyelesaikan sebuah permasalahan di tengah-tengah realita kehidupan masyarakat.

Jalan berpolitik dengan cara melihat dari yang paling sederhana, untuk terus berupaya mencapai jalan alternatif secara singkat dan padat, supaya dapat mengarahkan sebuah pertarungan menuju permainan perpolitikan sesungguhnya. Sehingga politik sederhana berupaya mencari celah dari yang paling terlihat, baik kelemahan maupun kelebihan dari lawan perpolitikan.

Semoga Allah SWT memberikan ketabahan kepada para pembaca, untuk terus mencari ilmu dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit sekalipun, agar para pembaca semakin cerdas dalam memahami berbagai realita kehidupan, Amiin.....

Salam dari kami Jejaring sosial kiber (www.kitaberbagi.com)........

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar