Rabu, 08 Juli 2015

Mengatasi Kemiskinan Masyarakat Desa



By: Khoirul Taqwim

Kemiskinan masyarakat desa sudah menjadi malapetaka bagi kehidupan disebuah bangsa dan negara. Bagaimana tidak? Kemiskinan telah menjadi momok yang menakutkan ditengah-tengah realitas kehidupan masyarakat desa secara luas. Maka untuk itulah dalam memberantas kemiskinan masyarakat desa sangat urgen, supaya terbentuk masyarakat desa yang sehat jasmani dan juga sehat rohaninya..

Mengatasi kemiskinan masyarakat desa dimulai dari membangun pendidikan yang kuat, supaya masyarakat desa dapat mengatasi kemiskinan dan masyarakat desa dapat mengetahui cara berwirasusaha maupun dapat meningkatkan diri kemampuan, dan juga mengembangkan keterampilan dalam bekerja yang lebih baik dalam pekerjaannya.

Dengan cara membuka kesempatan yang luas kepada masyarakat desa untuk memperoleh kredit usaha yang mudah, melalui Sistem kredit yang sudah ada ditengah-tengah realitas kehidupan masyarakat desa, tentunya dapat menjadi salah satu cara memberantas kemiskinan masyarakat desa saat ini.

Mengatasi kemiskinan masyarakat desa dengan cara mendorong perkembangan pertanian dan pertambangan ditengah-tegah realitas masyarakat desa, supaya masyarakat desa mampu mengolah lahan pertanian dengan baik dan masyarakat desa mampu memberdayakan sumberdaya alam dengan cara penambangan, tetapi dalam penambangan sumber daya alam harus tetap memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungannya.

Cara mengatasi kemiskinan masyarakat desa dapat juga dengan cara membangun kesenian dan kebudayaan sebagai aset kekayaan, untuk meningkatkan pariwisata ditengah-tengah realitas kehidupan masyarakat desa.

Membangun spirit agama yang tangguh didalam mengatasi kemiskinan masyarakat desa. Karena dengan spirit agama masyarakat desa dapat bekerja tidak sekedar mengejar materi belaka, tetapi mampu mencerdaskan jiwa masyarakat desa, tentunya masyarakat desa sebagai, umat manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Dengan tulisan sederhana diatas, semoga dapat menambah Ilmu dan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam memberantas kemiskinan yang terjadi ditengah-tengah realitas kehidupan masyarakat desa saat ini, Amin................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar